Jumat, 25 April 2014 | 09:24 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Lima Daerah di Jabar Harus Dimekarkan
Headline
Ahmad Heryawan - inilah.com/Syamsuddin Nasoetion
Oleh: Dery Fitriadi Ginanjar
artis - Jumat, 11 Februari 2011 | 21:05 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Bandung - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyebutkan ada 5 daerah di Jabar yang mendesak untuk dimekarkan. Kelima daerah tersebut adalah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, wilayah Pangandaran.

“Kita lihat Kabupaten Bogor. Wilayahnya sangat luas dengan jumlah penduduk 2,5 juta. Kalau dibagi 2 pun masih lebih dari 1 juta jiwa. Jadi memang Jabar sudah mendesak dimekarkan,” kata Heryawan di Kota Bandung, Jumat (11/2/2011).

Menurut Heryawan, luas wilayah dan jumlah penduduk Jabar memang melebihi rata-rata kelayakan untuk sebuah provinsi. Heryawan menunjuk Jawa Timur yang memiliki 38 juta penduduk, tetapi tersebar di 38 kota/kabupaten.

"Bandingkan dengan Jawa Barat dengan jumlah penduduk 43 juta, tetapi daerah otonomnya hanya 26 Kabupaten/kota. Idealnya ya sekitar 40 daerah otonom," jelasnya.

Heryawan berharap, pemerintah pusat melakukan pemekaran wilayah secara terencana. Artinya, pemekaran bukan semata-mata berasal dari usulan tingkat bawah. "Akan lebih bagus jika pemerintah turut andil dalam mengusulkan pemekaran. Jika begitu, rencana pemekaran bisa lebih terencana," tegasnya.

Sebelumnya, Selasa (8/2/2011) lalu, DPRD Jabar menyetujui usulan pemekaran Kabupaten Garut dalam Rapat Paripurna Persetujuan DPRD Jabar Terhadap Usulan Pemekaran Kabupaten Garut. Dengan disetujuinya pemekaran Garut Selatan, berarti jumlah kabupaten/kota di Jawa Barat bertambah menjadi 27.

Wilayah Kabupaten Garut yang masuk ke calon daerah otonom Garut Selatan meliputi Cikajang, Banjarwangi, Cisewu, Caringin, Talegong, Bungbulang, Mekarmukti, Pamulihan, Pakenjeng, Cikelet, Pameungpeuk, Cibalong, Cisompet, Peundeuy, Singajaya, dan Cihurip. [gin]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.