Rabu, 1 Oktober 2014 | 11:03 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Inilah Penyebab Maraknya Penyelundupan Versi TNI
Headline
Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono - inilah.com
Oleh: MA Hailuki
artis - Minggu, 27 Februari 2011 | 23:02 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengatakan, wilayah perbatasan negara bukan hanya batas kedaluatan negara melainkan juga mencerminkan harkat dan martabat bangsa.

"Bila kita berbicara perbatasan, berarti kita berbicara totalitas kebangsaan dan kenegaraan, karena memang di perbatasan negara terletak integritas dan harkat serta martabat bangsa dengan demikian perbatasan negara merupakan manifestasi utama kedaulatan wilayah suatu negara," ujar panglima dalam rilis yang diterima INILAH.COM, Minggu (27/2/2011).

Dikatakan oleh Panglima TNI bahwa masalah perbatasan tidak terlepas dari perkembangan lingkungan strategis baik internasional, regional maupun nasional. Dalam era globalisasi, dunia makin terorganisasi dan makin tergantung satu sama lain serta saling membutuhkan.

Konsep saling keterkaitan dan ketergantungan dalam masyarakat internasional berpengaruh dalam bidang-bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Berbagai permasalahan menonjol di wilayah perbatasan seringkali terjadi karena belum adanya kepastian garis batas laut maupun darat. Selain itu, adanya fakta bahwa kondisi masyarakat di wilayah perbatasan tersebut masih tertinggal, baik sumber daya manusia, ekonomi maupun komunitasnya.

Keadaan seperti ini menyebabkan munculnya beberapa pelanggaran hukum seperti penyelundupan kayu, tenaga kerja, munculnya pos-pos lintas batas secara ilegal yang memperbesar terjadinya out migration economic asset secara ilegal.

Guna mengeleminir permasalahan di perbatasan, Panglima TNI menegaskan, melalui tugas pokoknya, TNI melaksanakan operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang.

"Formulasi tugas TNI diperbatasan disusun atas dasar kebijakan terwujudnya pamantapan batas antar negara dan pengelolaan lintas batas negara sebagai kunci pengamanan wilayah NKRI, dengan strategi mewujudkan sinergitas lintas sektoral guna membangun wilayah perbatasan dalam rangka menjaga dan memelihara, serta meningkatkan kesejahteraan dan keamanan masyarakat di perbatasan."

Panglima TNI juga berharap kepada seluruh unsur-unsur pemerintah daerah, masyarakat, TNI dan Polri, serta seluruh komponen bangsa lainya di propinsi yang memiliki wilayah perbatasan untuk senantiasa menjalin kerjasama.

"Saya berharap kepada semua komponen untuk lebih peka dan tanggap terhadap setiap kerawanan-kerawanan dan perkembangan yang muncul di wilayah perbatasan sebagai upaya deteksi dini dan cegah dini," ujarnya. [mah]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA