Senin, 22 September 2014 | 13:11 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Agama-Adat Tak Terima Kumpul Kebo Ruhut
Headline
inilah.com
Oleh: Ferry Noviandi
artis - Kamis, 14 Juli 2011 | 19:35 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Pernyataan Ruhut yang mengatakan kumpul kebo dengan Anna Tobing tidak bisa diterima secara agama, maupun adat. Anna menuntut itu. Lantas?

"Bahwa dalam tatanan istiadat batak, suku yang cukup menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, dan kumpul kebo bagi orang Batak sangat hina, tabu bahkan najis. Setelah melihat dan memperhatikan keluh kesah kepada kami, kami tidak bisa mengerti mengapa kata-kata itu keluar dari anggota dewan," sambung Simon, Ketua Marga Tobing se-Dunia di Apartemen Boulevard, Tanahabang, Jakarta, Kamis (14/7).

Sementara kuasa hukum Anna, Hotman Paris Hutapea mengatakan, "Kumpul kebo akibatnya yang paling fatal adalah dari segi hukum. Kalau mereka kumpul kebo, anaknyatidak sah anak Ruhut. Itu yang tidak diinginkan sama ibu Anna."

"Kuburan bapaknya Ruhut ada nama Christian. Apakah dia mengingkari kata-kata dikuburan bapaknya?" lanjut Hotman. Jika pengaduan ini diterima dan Ruhut dijatuhkan hukuman, maka Ruhut bakal dikeluarkan dari keluarga Batak dan dilarang mengikuti berbagai upacara adat Batak.

"Kami minta Ruhut dikeluarkan dari marga Tobing. Begitu juga dengan marganya dia, Sitompul. Tapi itu dilakukan oleh Marga Sitompul. Kalau mau pesta, pakai kain adat, juga tidak diakui. Berarti dia nggak punya adat," sambung Simon.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ruhut dan Anna menikah melalui catatan sipil di Sidney, Australia pada 29 Juni 1998. Keduanya menikah di Sidney karena berbeda agama. Namun mereka menikah secara adat di Medan pada 2001. Di pernikahan itu, Anna dikukuhkan sebagai boru Tobing setelah diangkat anak oleh Pendeta Robert Lumban Tobing. [aji]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA