Selasa, 22 Juli 2014 | 20:23 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Tanam Pohon Trambesi di Pantura Jawa
Fitri Karlina Ajak Masyarakat Cinta Lingkungan
Headline
Fitri Karlina - (Foto: inilah.com)
Oleh: Arief Bayuaji
artis - Rabu, 19 Juni 2013 | 21:50 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Karawang - Fitri Karlina berpartisipasi program menanam pohon trambesi sepanjang jalur Pantura Pulau Jawa. Fitri berharap hadirnya program ini bisa menyadarkan masyarakat Indonesia untuk cinta dan peduli lingkungan.

"Semoga dengan adanya program ini, masyarakat Indonesia bisa lebih sadar lagi untuk bisa mencintai dan care dengan lingkungan sekitar," ujar Fitri di acara Djarum Trees for Life (DTFL) bertema 'Hijaukan Jalur Pantura Pulau Jawa: Penanaman Trembesi 1.350Km Merak-Banyuwangi, Sampai di Kabupaten Karawang' di Lapangan Dawuan, Cikampek, Jawa Barat, Rabu (19/6).

Program penanaman trembesi yang merupakan gagasan Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui DTFL dan telah sampai di kabupaten Karawang tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2010 dan akan terus berlangsung hingga tahun 2015. Pohon trembesi tersebut tumbuh di sepanjang 1.350km jalur Pantura Merak-Banyuwangi dan bisa menyerap 1 juta ton gas CO2 setiap tahunnya.

"Itu menurut aku sangat membantu menjaga lingkungan dan menyelesaikan masalah pemanasan global. Bagus untuk masa depan," kata pemilik hits ABG Tua ini sambil tersenyum.

Sebagaimana diketahui, program DTFL dengan F.X Supanji sebagai Vice President Director ini telah menghijaukan pulau Jawa dengan menanam lebih dari dua juta bibit sejak tahun 1979. Selama tahun 2010, DTFL berhasil menyelesaikan tahap pertama penanaman pohon trembesi di jalur Pantura Jawa Tengah, menanam 2.767 pohon di sepanjang Kudus-Semarang.

Pada tahun 2011 lalu, penanaman pohon Trembesi berlanjut di jalan Semarang-Pekalongan (1.455 pohon) dan tahun 2012 di Pekalongan-Losari (3.790 pohon). Memasuki tahun 2013 ini 2.777 pohon trembesi tertanam di Losari hingga Cirebon pada April 2013 lalu.

Sementara hingga Juni 2013, 5.722 pohon trembesi sudah tertanam di jalan Cirebon-Karawang. Sedangkan tahun 2014 akan ada penanaman di sepanjang Kudus-Surabaya dan berakhir di jalur Surabaya-Banyuwangi pada tahun 2015.

DTFL juga melakukan perawatan selama 3 tahun terhadap 36.357 pohon Trembesi yang nantinya tertanam di sepanjang 1.350 km jalur Pantura Pulau Jawa.

Jalur pantura terpilih karena merupakan jalur utama pengendara antarkota di Pulau Jawa. Untuk musim mudik misalnya, jalur sangat padat kendaraan bermotor dan kepadatan terus bertambah setiap tahunnya. [aji]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER