Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 06:27 WIB

Tanpa Lopetegui Spanyol Tak Kehilangan Kualitasnya

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 14 Juni 2018 | 08:13 WIB
Tanpa Lopetegui Spanyol Tak Kehilangan Kualitasnya
Julen Lopetegui - (Foto: EuroSport)

INILAHCOM, Moskow - Pelatih timnas Jerman, Joachim Low, kaget dengan pemecatan Julen Lopetegui oleh Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol (RFEF). Low menyakini pemecatan Lopetegui tak akan mempengaruhi kualitas tim Matador.

Lopetegui harus meninggalkan skuad Spanyol sehari menjelang pembukaan Piala Dunia 2018, RFEF memutus kontraknya setelah pelatih 51 tahun diumumkan menjadi pelatih baru Real Madrid, Selasa (12/6/2018) kemarin.

RFEF kemudian menunjuk Fernando Hiero sebagai pelatih baru Sergio Ramos dan kawan-kawan di Rusia 2018. Mantan pemain Madrid itu punya waktu dua hari untuk mengenal sekaligus memberi pemahaman filosofi sepakbolnya.

Spanyol dinanti laga berat di pertandingan pertama fase grup, mereka akan berhadapan dengan Portugal, Sabtu (16/6/2018) lusa.

Joachim Low tak menyangka RFEF berani mengambil keputusan memecat pelatih saat sedang memimpin timnas jelang Piala Dunia.

"Saya juga terkejut dan itu datang sangat tiba-tiba. Saya tak tahu latar belakang dari keputusan Federasi Spanyol. Secara halus, itu sangat tak biasa, jika bukan sebuah kejutan total," kata juru taktik 58 tahun.

Lebih lanjut, Low juga mengomentari pemilihan Hiero sebagai pelatih pengganti. Meski punya catatan bagus sebagai pemain, Hiero dinilai masih kurang pengalaman menangani timnas di ajang besar.

"Itu akan menghadirkan kesulitan dan sedikit kekacauan. Fernando Hiero punya pengalaman melatih dan saya berpikir dia sempat menjadi asisten pelatih Real Madrid. Dia kemudian ke Valencia dan menjadi kepala urusan olahraga, tapi saya tak bisa menilai kualitasnya sebagai pelatih," ia melanjutkan.

Low meyakini tak akan terganggu dengan pemecetan Lopetegui karena memiliki komposisi pemain yang masih sama.

"Spanyol sudah bersama-sama selama bertahun-tahun. Mereka punya filosofi yang jelas. Pada akhirnya, dengan Lopetegui atau tanpa Lopetegui. Spanyol tidak akan sedikit pun kehilangan kelas atau kualitas mereka," dia memungkasi.

Sumber: FFT

Komentar

x